Nama kelompok :
Laila ayu safitri
donatcyus
SIKAP DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN
A. Definisi
sikap konsumen
Sikap adalah suatu
mental dan saraf yang berkaitan dengan kesiapan utnuk menanggapi,
diaorganisasi, melalui pengalaman ,dan memiliki pengaruh yang mengarahkan dan
atau dinasmis terhadap perilaku (Engel 2006). Sementara menurut Kotler (2005)
sikap adalah suatu peilaku yang menunjukan apa yang disukai dan apa yang tidak
disukai konsumen. Selain itu Mowen dan Minor (2002) menjelaskan sikap
(attitude) sebagai “sebagai afeksi atau perasaan untuk atau terhadap sebuah
rangsangan”.Dengan demikian ,sifat dapat didefinisikan sebagai berikut :
1. Sikap
nerupakan kategorisasi objek pada rangkaian kesatuan evaliatif.
2. Karakteristik
yang membedakan sikap dari konsep adalah sifat evaluative atau afektif.
3. Sifat
merupakan inti dari rasa suka dan tideak suka bagi orang, kelompok, situasi,
objek dan ide – ide tidak berwujud tertentu.
Fungsi dari
sikap adalah membantu menyimpan memori jangka panjang sehingga orang bisa
dengan mudah mengingat kemabli suatu hal pada saat yang tepat ketik asedang
menghadapi isu atau masalah pada produk ,merek dan jasa dalam rangka membuat
pernyataan tentang diri mereka. Defini tersebut menggambarkan pandangan
kognitif dari psikoloigi social, dimana sikap memiliki tiga unsur ,yaitu :
1. Kognitif
(pengetahuan)
2. Afektif
(emosi, perasaan)
3. Konatif
(tindakan)
Jadi dari bebrapa definisi tersebut daapat disimpulkan bahwa
sikap adalah suatu mental dan saraf sehubungan dengan kesiapan konsumen untuk
menanggapi apa yang mereka sukai dan yang tidak disukai karena adanya
rangsangan. Definisi yang dikemukakan oleh para peneliti tersebut mengandung
makna bahwa sikap mempelajari kecendrungan pemberian tanggapan terhadap suatu
objek, baik yang disenangi maupun tidak, secara konsisten.
B. Karakteristik
Sikap
Beberapa karakteristik
sikap yaitu:
1. Sikap
memiliki objek
Di dalam konteks pemasaran, sikap
konsumen harus terkait dengan objek karena objek tersebut bisa terhubung dengan
berbagai konsep konsumsi dan pemasaran seperti produk, merek, iklan, harga,
kemasan ,penggunaan media, dsb
2. Konsistensi
sikap
Sikap adalah gambaran perasaan dari
seseorang konsumen, dan perasaan tersebut akan direfleksikan oleh perilakunya
karena sikap memiliki konsistensi dengan perilaku.
3. Sikap
positf, negative dan netral
Sikap positf merupak sikap yang mungkin
dapat menerima atau menyukai suatu hal, sedangkan sikap negative merupakan
sikap yang tidak menyukai suatu hal,
bersikap netral bearti tidak meiliki sikap atas suatu hal.
4. Intensitas
sikap
Adalah konsumen menyatakan derajat
tingakat kesukaan nya terhadap suatu produk.
5. Resistensi
sikap
Adalah seberapa besar sikap sesorang
konsumen bisa berubah. Pemasar perlu memahami resistensi konsumen agar bisa
menerapkan strategi pemasarn yang tepat.
6. Persistensi
sikap
Adalah karakteristik sikap yang
menggambarkan bahwa sikap akan berubah karena berlalunya waktu.
7. Keyakinan
sikap
Adalah kepercayaan konsumen terhadap
kebenaran sikap yang dimilikinya
8. Sikap
dan situasi
Sikap seseorang terhadap suatu objek
sering kali muncul dalam konteks situasi. Artinya situasi akan memengaruhi
sikap konsumen terhadap suatu objek.
C. Komponen
sikap konsumen
Yaitu terdiri dari 3
komponen sikap ;
1. Kepercayaan
merek, merupakan komponen kognitif dari sikap.
2. Evaluasi
merek, merupakan komponen afektif atau perasaan
3. Maksud
untk membeli, merupakan komponen konatif atau tindakan.
D. Fungsi
– Fungsi sikap
Dari semua teori
fungsional tentang sikap yang telah dikembangkan, salah satu teori yang paling
menarik bagi banyak pemasar adalah teori
yang diusulkan oleh Daniel Katz, yaitu:
1. Fungsi
Utilitarian
Seseorang menyatakan sikapnya terhadap
suatu objek, atau produk keran ingin memperoleh manfaat (rewards) atau
menghindari risiko (punishment) dari produk. Sikap berfungsi mengarahkan
perilaku untuk mendapatkan penguatan positif (positive reinforcement) atau
untuk menghindari resiko.
2. Fungsi
mempertahankan ego
Sikap berfungsi untuk melindungi
seseorang dari keraguan yg muncul dari dalam dirinya sendiri atau factor dari
luar yang mungkin menjadi ancaman bagi dirinya.
3. Fungsi
ekspresi nilai
Sikap berfungusi untuk menyatakan niali
– nilai , gaya hidup, dan identitas social dari seseorang. Sikap akan
menggambarkan minat, hobi, kegiatan dan opini dari seorang konsumen.
4. Fungsi
pengetahuan
Pada fungsi ini konsumen selalu ingin
mengetaui banyakhal merupakan kebutuhan konsumen. Sering kali konsumen perlu
mengetahui suatu produk terlebih dahulu sebelum menyukai dan kemudian
membelinya.
E. Perananan
Sikap dalam pengembangan strategi pemasaran
Dengan mengetahui sikap
konsumen ,pemasar dapat mengindentifikasi segmen manfaat, mengembangkan produk
baru, dan memformulasi kan serta mengevaluasi strategi promosi. Pemahaman
konsumen juga merupakan hal yang sangat krusial. Pengembangan produk dapat
dilakukan dengan mengetahui sikap konsumen.
Ada beberapa strategi
yang dapat digunakan oleh produsen untuk mengubah sikap konsumen yaitu:
1. Mengombinasikan
beberapa fungsi
Merupakan strategi pengubahan sikap
sering dilakukan dengan memaparkan beberapa fungsi sikap untuk menarik
perhatian konsumen sehingga mereka terdorong untuk mengubah sikapnya. Hal
tersebut dilandasi oleh beragamnya faktor yang menyebabkan seorang konsumen
menyukai produk.
2. Mengasosiasikan
produk dengan sebuah kelompok atau peristiwa
Berbagai kelompok ,atau peristiwa
nasional atau internasional sering kali menumbuhkan sikap positif konsumen
terhadap kelompok atau peristiwa tersebut.
3. Memcahkan
konflik dua sikap yang berlawanan
Dimana setiap konsumen sering kali
memiliki sikap yang berlawanan dengan produk seperti memiliki pemikiran sisi
negative dan positif dalam satu produk.
4. Mengubah
evaluasi relative terhadap atribut
Suatu produk sering kali dikenal
konsumen karna popularitas atributnya yang memliliki fungsi spesifik, atau yang
dikenal karna situasi pemakaian yang khas.
5. Mengubah
kepercayaan merek
Para produsen berkewajiban untuk selalu
mengingatkan konsumen bahwa produknya adalah produk yang lebih baik atau
terbaik sehingga konsumen memiliki sikap positif yang permanen dan konsisten
terhadap produk tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan sikap konsumen
adalah dengan mengubah persepsi atau sikap konsumen terhadap merek produknya.
6. Menambahkan
sebuah atribut pada produk
Atribut baru yang ada pada sebuah
produk akan memberikan citra positif
kepada konsumen bahwa produk tersebut selalu inovatif. Kehadiran atribut
baru akan menyebabkan konsumen melihat perbedaan yang nyata antara merek produk
dengan produk pesaing.
7. Mengubah
penilaian merek secara menyeluruh
Dengan membangun sikap positif secara
keseluruhan terhdap suatu merek. Keseluruhan berarti produsen tidak secara
khusus menyebutkan perubahan suatu produk . produsen tidak berusaha mengubah
sikap konsumen terhadap suatu atribut yang dimiliki produk atau merek tersebut.
8. Mengubah
kepercayaan terhadap merek pesaing
Yaitu produsen sering menggunakan
metide iklan perbandingan untuk menyatakan bahwa mereknya lebih baik dari pada
produk pesaing.
F. Definisi
kepercayaan konsumen
Kepercayaan konsumen
adalah kekuatan pengetauan yang dimiliki oleh konsumen dan semua kesimpulan
yang dibuat konsumen bahwa produk mempunyai objek ,atribut, dan manfaat.
G. Kepercayaan
konsumen terhadap atribut produk
Terbagi menjadi tiga
jenis kepercayaan, antara lain :
1. Kepercayaan
objek – atribut (object – attribute belief)
Pengetahuan bahwa sebuah objek memiliki
atribut khusus disebut dengan kepercayaan
objek – atribut. kepercayaan itu menghubungkan objek, seperti seseorang,
barang, atau jasa dengan atribut.
2. Kepercayaan
atribut – manfaat
Merupakan persepsi konsumen tentang
seberapa jauh sebuah atrbut tertentu menghasilkan atau memberikan manfaat
tertentu.
3. Kepercayaan
objek – manfaat
4. Merupakan
persepsi konsumen tentang seberapa jauh produk, orang, atau jasa, tertentu akan
memberikan manfaat tertentu.
H.
Kepercayaan konsumen dan implikasi
manajerialnya
Kepercayaan
yang dimiliki konsumen terhadap merk ,koroporasi, dan objek lainnya dalam
lingkungan konsumen memiliki beberapa implikasi manajerial yang penting. Pertama
– tama para manajerialnya perlu mnyadari bahwa kepercayaan konsumen terhadap
atribut produk mungkin tidak sesuai dengan kenyataan. Selain itu stategi
pemosisian, diferensial ,dan segmentasi dapat didasarkan atas atribut sebuah
merek. Dalam pasar bisnis terdapat banyak kelompok konsumen yang mencari
manfaat produk secara spesifik. Segemnetasi manfaat meliputi pembagian pasar
menjadi kelompok – kelompok konsumen yang secara relative homogen berdasarkan
manfaat serupa yang dicari ;
stategi
promosi. Segmen onsumen yang berbdeda memiliki pengetahuan yang bervariasi
tentang atribut dan manfaat produk. Dengan demikian para manajer harus berhati
– hati ketika menentukan keahlian dari pasar target sebelum mereka memutuskan
apakah akan mengiklankan sebuah merek dengan menyajikan informasi atribut,
informasi manfaat, atau kombinasi keduanya.
I.
Pentingnya atribut
Pentingnya
atribut (attribute importance) didefinisikan sebagai penilain umum eseorang
signifikansi atribut atas produk tau jasa tertentu. Gamabr 10.3 menyajikan
sebuah diagram yang melukiskan factor – factor yang memengaruhi pentingnnya
atribut. pendekatan ini menggunakan perspektif
pemoresan informasi ,yang beragumentrasi bahwa pentingnya atribut secara
langsung dipengaruhi oleh perhatian konsumen terhadapmatribut spesifik. Empat
unsut=r yang mencantumkan perhatia konsumen yang diarahkan pada sebuah atribut
sebagai berikut :
1. Karakteristik
penerima pesan
Merupakan karakter yang mempengaruhi
perhatian adalah kebutuhan dan nilali – nilai konsumen dan yang lainnya adalah
konsep diri konsumen.
2. Karakteristik
pesan
Dapat menarik perhatian konsumen
terhadap atribut, dan menyebabkan mereka mengalokasikan kapasitas kognitif pada
atribut tersebut.
3. Factor
– factor yang mempengaruhi peluang dan tanggapan penerima
Peluang tanggapan akan menigkat apabila
ingformasi tentang atribut diulang ,dna konsumen tidak dikacaukan saat
informasi tentang atribut diproses.
4. Karakteristik
produk
Adalah kualitas yang dirasakan, dampak
penambahan fitur atau atribut baru terhadap merek yang interior ,lebih rendah
atau lebih tinggi. Hasilnya mengungkapkan bahwa atribut baru akan menigkatkan
nilai yang dirasakan dengan keberadaan yang lebih besar untuk merek kualitas
rendah daripada yang berkualitas tinggi.
J.
Harga sebagai atribut
Harga
merupakan salah satu atribut paling penting yang dievaluasi oleh konsumen. Pada
kondisi tertentu konsumen sangat sensitive terhadap harga sehingga harga suatu
produk yang relative lebih tinggi dibanding para pesaingnya dapat mengeliminasi
produk dari pertimbangan konsumen. Terdapat lims dimensi negative dan dua
dimensi positif dari atribut harga yaitu :
1. Peran
negative dari pertimbangan harga
a. Sadar
nilai (value conscious) ,keadaan dimana konsumen memperhatrikan rasio kualitas
produk terhadap harga
b. Sadar
harga (price conscious) ,keadaan dimana konsumen lebih berfokus pada pembayaran
harga yang lebih murah.
c. Penawarn
kupon, keadaa dimaan konsumen menanggapi tawaran pembelian yang melibatkan
kupon
d. D
penwaran pwnjualan ,keadaan dimana konsumen menanggapi tawaran pembelian yang
melibatkan pengurangan harga sementara
e. Pakar
harga, keadaan dimana konsumen menjadi sumber informasi bagi orang lain tentang
harga dipasar bisnis.
Untuk
peran positif harga yang digunakan untuk memengaruihi konsumen ada dua jenis
keadaan yaitu :
a. Hubungan
harga mutu ,keadaan dimana konsumen menggunakan harga sebagai indikator mutu.
b. Sensitive
prestise, keadaan dimana konsumen membentuk persepsi atribut harga yang
menguntungkan berdasarkan senstivitasnya terhadap persepsi orang lain dari
tanda – tanda status dengan harga yang lebih mahal.
Dengan demikian, bahwa atribut harga
merupakan konsep kenekaragaman yang memiliki arti yang cukup berbeda bagi
konsumen ,tergantung pada karakterisitk konsumen, situasi, dan produk.
2. Pembentukan
sikap dan kepercayaan konsumen
Pada formasi langsung, kepercayaan dan
sikap diciptakan tanpa terjadi keadaan lain sebelumnya. Setelah kepercayaan dan
sikap terbentuk secara langsung ,terdapat tendensi atas tiga keadaan yang dapat
mencipatakan sebuah hierarki. Pertama, konsumen membentuk kepercayaaan terhadap
sebuah produk ,kemudian mengembangkan sikap terhadapnya ,dan akhirnya,
membelinya. Atau sebaliknya, dimana konsumen melakukan perilaku pembelian
produk dan kemudian membentuk kepercayaan serta sikap terhadap produk
tersebut. Pencipatann perilaku secara
langsung berhubungan dengan perspektif pengaruh perilaku secara spesifik dari
pengondisian operan sehingga perilaku dipandang sebagai hasil dari factor
situasional.
3. Penciptaan
kepercayaan secara langsung
Formasi kepercayaan secara langsung
terjadi konsumen melakukan aktifitaas pemprosesan informasi. Informasi tentang
atribut dan manfaat produk diteima dan dikodekan ke dalam memori, dan kemudian
dibuka kembali dari memori untuk digunakan.
4. Pembentukan
sikap secara langsung
Sikap didefinisikan sebagai jumlah
afeksi atau perasaan untuk atau terhadap rangsangan objek ,seperti orang
,produk ,perusahaan atau ide. Tiga mekanisme berikut menjelaskan bagaimana
sikap terbentuk secara langsung :
a. Proses
pembelajaran perilaku dan formasi sikap
Dimana sikap dapat diciptakan melalui
proses pembelajaran perilaku dari pengorbanan fisik klasik, pengondisian
operan, dan pembelajaran observasional.
b. Eksposur nyata dan formasi sikap
Dimana dengan metode ini perasaan
positif yang tercipta dengan eksposur berulang sering kali terjadi tanpa
konsumen mengetahui atau merasakn secara sadar bahwa objek tersebut sudah
dikenalnya. Selain itu, pengaruh eksposur nyata memiliki dampak penting bagi
para pemasar untuk dapat mengelola dan menepatkan produk ,nama ,atau simbolnya
dimuka konsumen sesering mungkin sehingga dapat memengaruhi perasaan sejumlah
orang dengan nyata.
c. Suasana
hati dan formasi sikap
Disini
telah ditemukan bahwa apabila konsumen pada awalnya diekspos pada sebuah objek
,suasana hati mereka pada suatu saat akan memengaruihi sikap yang mereka bentuk
terhadap objek.
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
BalasHapusSistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.club
arena-domino.vip
100% Memuaskan ^-^